Weekly Shonen Jump


Weekly Shonen Jump (週刊少年ジャンプ), Shukan Shonen Janpu) adalah sebuah Majalah mingguan yang menampung karya~karya manga dari seluruh mangaka di Jepang.

WSJ pertama kali diterbitkan oleh Perusahaan cetak Shueisha pada tahun 1968 dan saat ini WSJ merupakan Majalah manga mingguan terbesar di Jepang saat ini, melebihi majalah manga Shonen Magazine dan Shonen Sunday yang sudah lebih dahulu terbit. WSJ juga terbit di berbagai negara saat ini seperti Amerika, Kanada, dan Eropa, dengan nama Banzai! dan telah memiliki pelanggan tetap sebanyak 6 juta orang [hanya di jepang].

Target penjualan WSJ sejak awal memang ditargetkan untuk Remaja Laki di Jepang, Shonen = Remaja Laki dan Jump = Berarti manga~manga yang bertema fiksi, petualangan, pertarungan yang di dominasi oleh tokoh utama Remaja Laki.

Sudah lebih dari 4.000 manga berdurasi singkat atau panjang yang di muat Weekly Shonen Jump. Para Mangaka kebanyakan menggunakan Majalah seperti WSJ sebagai ajang debut promosi untuk manga karya mereka.

Dalam sejarah WSJ, manga~manga Karya Mangaka Akira Toriyama lah yang paling sering muncul di WSJ dari Dragon Ball [all version], Dr.Slump, Fox Tale sampai Blue Dragon. Tapi One Piece karya Mangaka Eiichiro Oda adalah Manga pertama yang berhasil menaikan rating penjualan WSJ setelah tersendat selama 11 tahun, dan saat ini dalam 2 tahun terakhir Manga Naruto karya Masashi Kishimoto adalah manga yang memiliki rating tertinggi dalam survey pelanggan WSJ.
Manga Naruto pertama kali muncul dalam WSJ pada Pekan isu ke-43 versi Bahasa Inggris bulan Oktober 1999.


Walau pada awalnya kurang mendapat respons dari para pembaca tapi dalam waktu 4 tahun ke depan Manga Naruto sudah dapat mengimbangi Manga One Piece. Dan sampai saat ini Manga Naruto masih konsisten selalu berada di cover WSJ dalam hampir 1 tahun terakhir sejak awal Februari 2012. menjadi 3 Manga teratas bersama One Piece dan Bleach.


Buat sahabat DNI yang mau dapetin WSJ Magazine bisa pesan lewat amazon.com atau tokopedia.com [hanya tersedia dalam 2 Bahasa : Jepang & English].


0 Response to "Weekly Shonen Jump"

Post a Comment